DPUPR Gelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Terampil Konstruksi

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sinjai, Andi Taufiq Saleh Asapa memberikan penjelasan terkait pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi, Rabu, 1 September 2021. (Humas DPUPR)

DPUPR Sinjai,– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Sinjai bekerjasama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar, melaksanakan pelatihan dan sertifikasi tenaga terampil konstruksi. Pembukaan kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 1 September 2021 di ruang workshop DPUPR Sinjai.

Menurut Kepala Dinas PUPR Kabupaten Sinjai, Andi Taufiq Saleh Asapa, kegiatan ini merupakan salah satu program pemerintah Kabupaten Sinjai dalam meningkatkan keterampilan Sumber Daya Manusia (SDM), terkhusus tenaga kerja konstruksi. Hal ini juga tertuang dalam Rencana Strategis (Renstra) Pemkab Sinjai.

“Program ini bertujuan menciptakan tenaga terampil konstruksi di Kabupaten Sinjai , yang mana ditargetkan 100 tenaga terampil konstruksi setiap tahun. Untuk pelatihan hari ini diikuti 50 peserta dengan beberapa jabatan kerja antara lain tukang bangunan, juru ukur, tukang kayu, operator alat berat, dan tukang las listrik,” ungkap Kepala Dinas PUPR Sinjai.

Pembekalan kepada para peserta dibawakan oleh 4 instruktur dari Balai jasa konstruksi. Kemudian peserta akan melakukan praktik sesuai jabatan kerja masing-masing di workshop Dinas PUPR Kabupaten Sinjai. Setelah itu para peserta akan diasesmen oleh 3 asesor dari Balai Jasa konstruksi, dan peserta yang lulus akan berhak mendapatkan sertifikat.

Pelatihan uji sertifikasi ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi. Di mana para pekerja konstruksi dalam sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi,  diwajibkan untuk memiliki sertifikat kompetensi.

Badan Usaha jasa konstruksi yang ingin ikut tender pun wajib melengkapi berkas dengan tenaga kerja kontruksi ber-sertifikat. Kegiatan ini dibuka Bupati Sinjai yang diwakili Asisten II Setdakab Sinjai, Andi Ilham Abubakar. (humasdpupr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *